Total Pageviews

Tips buat ade kelas buat persiapan PA..

  • 0
nih ini tulisan buat yang mau perisapan PA.......

1. Persiapin nilai ga bole ada yang ngulang di semester 4,5,6
karena gue D3 yang target kelulusan diambil selama 6 semester..
nah buat yang lagi di semester 4 sekarang, usahain banget jangan ada nilai yang ngulang di semester 4. karena otomatis kalo lo ada yang ngulang di semester 4, berarti kan kelas baru dibuka pas semester genap dong? otomatis lo baru bisa ngulang di semester 6 kan.

nah berarti semester 4 itu sebagai penentu PADET ato ga nya kuliah lo di semester 6.
usahain di semester 6 itu lo jangan di ribetin sama matakuliah yang berat, kan klo ngulang di semester 4 otomatis di semester 6 lo ngambil matakuliah yang ngulang di semester 6 dong..jadilah semester 6 lo itu padet. semester 6 itu semester lo harus fokus PA. bayangin dong gimana bebannya nambah disaat lo beban PA, lo juga terbebani tugas2 kuliah lo, bayangin kalo semester 6 lo padet... pusing kaaan..takut ga fokus PA

buat yang sekarang semester 5.... ATI-ATI banget!
jangan sampe ada yang ngulang disemester 5. ini kan semester ganjil yaaa...
nah berarti kan kelas dibuka cuma semester ganjil doong..
berarti kalo ada yang ngulang di semester 5, kelas baru bisa di buka di semester 7! otomatis kuliah lo molor 1 semester.... bahaya kaaaan...

atau kalopun terpaksa ada yang ngulang di semester 5, *kasusnya kaya gue kemaren di semester 5*
gue ada yang ngulang di semester 5 karena dapet D.
nah berhubung yang dapet D dan E banyak gara2 KORBAN DOSEN!
ga tau kenapa masa 2 kelas dapetnya D ama E semua. yang C- cuma 2 orang. yang B- cuma 1orang sebanyak 2 kelas itu... edaaan sadis emang itu dosen. katanya sih tiap tahun dosen itu sering ngetumbalin 1 sampe 2 kelas gitu yang dibikin jadi D ama E semua nilai siswanya. GILA!

alhasil berhubung yang ngulang lebih dari 20 orang, gue sama temen-temen 'korban' itu dosen ngurus ke bagian kampus, buat minta bukain kelas di semester 6 buat kita pada ngulang. kalo yang ngulang lebih dari 20 orang, bakal di bukain kelas regular buat ngulang, jadi ga perlu ngulang nunggu semester 7..

atau kalo ga ada lebih dari 20 orang, dan lo mesti ngulang...
jalan satu-satunya klao ga mau nunggu semester 7 sih, lo harus ikut ujian khusus..
tapi maksimal nilainya C kalo ujian khusus...kata kampus sih ujian khusus susah, rata-rata pada dapet D yang ujian khusus, gapapalah kalo D ga lebih dari 2 kan masih bisa sidang..

tapi usahain aja ya jangan sampe ada yang ngulang di semester 4 ama 5 nya biar ga ripuh gitu~

2. perbanyak kenalan temen dari berbagai golongan
niiih iniii niiih penting................
salah 1 hal terpenting selama kita kuliah, selain BANYAK belajar, kita harus BANYAK maen juga. mbahahhaha banyakin temen sih maksud gueee....
jangan cuma kuliah - pulang coy, rugi hidup lo sumpah. buang-buang umur doang klo lo cuma hidup nya kosan - kampus. kenal cuma sama beberapa orang, maen nya sekat-sekat gitu, damn! hidup lo rugi!!

masa kuliah adalah masa dimana kita harus perbanyak link dari berbagai golongan..kenapa berbagai golongan??? kalo lo dari golongan Hedonisme jangan cuma punya temen orang hedon doang! lo butuh temen yang orientasi ke kuliah. buat apa? buat cari info tentang kuliah, buat ngajarin lo tentang kuliah, buat ingetin lo kalo lo disini kuliah ga cuma maen! kalo lo dari orang hedon, lo harus punya temen yang agamis juga, buat ingetin lo kalo lo kuliah ini butuh campur tangan tuhan yang bisa nyuksesin lo. jangan cuma pas mentok ada butuhnya doang lo baru cari-cari tuhan, giliran udah ga sulit lo tinggalin itu tuhan..
kalo tuhan bisa ngomong langsung ke lo, dia bakal bilang 
"gausah dekat dengan saya disaat kamu sulit kalo ga bisa dekat dengan saya disaat kamu bahagia" itu jleeb!

kalo lo dari orang yang orientasinya cuma kuliah sama akhirat aja, lo harus punya temen dari kalangan hedon juga, soalnya biasanya orang hedon itu link nya banyak...itu bisa ngebawa lo dalem kesuksesan kelak. dia biasanya punya kenalan dari luar kampus, temen beda angkatan, siapa tau tar lo bisa minta tolong cariin kenalan yang ngerti ama PA lo kaaan...

kalo lo orientasi ke akhirat aja, lo sangat butuh orang yang orientasinya ke kuliah.. jadi jangan cuma akhiraaat aja yang di kejar, jangan cuma berdoa doang tapi ga ada usaha nya. itu NOL besar bro doa tanpa usaha itu sia-sia..lo butuh temen yang orientasi kuliah buat ingetin kita kuliah, buat ngajarin klo PA mentok..
dan lo butuh juga orang hedon buat perbanyak link dari berbagai kalangan cuuuyy...maen itu butuh juga biar ga stress amat kuliah kita...

kalo intinya sih AGAMA prioritas, PENDIDIKAN penting dan SOSIALITA tetep berjalan..

nih tulisan gue tentang pertemanan sekat-sekat --> jangan menilai kalo ga tau

3. Sopan dan ciptain track record baik sama dosen yg diajarin skrg, perbanyak kenalan dosen
masih semester awal di kampus? udah benci ama dosen si A, B, C. nyumpahin itu dosen??
mateeek eluu mateeek... tar kualat... lo benci ama dosen itu sekarangm tapi who knows dong semester depan lo ketemu itu dosen lagi atao dia jadi pembimbing lo atao lebih jackpot dia jadi penguji lo.
damn meeeen lo udah kepalang ngina-ngina itu dosen tapi ternyata dia jadi penguji lo..
skak mat ga tuh!!!
harus baik-baik sama dosen, dan selalu ciptain image yang baik tentang lo ke dosen itu biar dosen itu inget sama lo. soalnya itu berasa banget manfaatnya pas lo semester akhir.
lo ga tau dong tar PA lo tentang apa dan butuh apa aja buat dipelajarin, siapa tau lo PA lo ini ada kaitannya sama matkul waktu semester 3 dulu, kalo lo baik ama dosen yang semester 3 kemaren kan enak minta tolongnya. atao lagi ngurus administrasi PA lo, tapi ternyata ketua prodi nya atao admin nya itu dosen lo jaman dulu, insyaAllah lo dimudahin buat ini itu nya..

ato yang lebih ektream lagi disaat penguji sidang lo ngedadak ga bisa buat nguji lo di tanggal segitu, lo inget lo masih punya list dosen yang baik yang enak yang bisa kira-kira jadi penguji lo. ato lebih enak lagi ternyata si dosen kita jaman dulu itu yang kita udah kenal baik, dan kita dikenal sangat baik, dia jadi penguji kita, udah deh dia apal gimana lo, kalo lo dulunya adalah salah satu mahsiswa yang rajin, niscahya sidang lo aman.

4. siapin judul PA dari sekarang
nih mulailah buat searching mau bikin PA apa...
di google banyak..
ato di perpus banyak, kalo mau kembangin PA orang, liat di saran aja. biasanya dari saran, bisa muncul ide baru ko..

nih tulisan tips kalo ngerjain PA --> Tips Mahasiswa Tingkat Akhir
ini tentang proses ngerjain PA --> Jatuh Bangun PA
ini cerita sidang --> ngedadak sidang

No comments:

Post a Comment

Labels

Followers