Total Pageviews

Perjuangan Proyek Akhir

  • 1
"Perancangan dan Implementasi Interkoneksi LAN dangan Mobile Network"

itu judul FIX gue yang terakhir selama pengerjaan PA yang udah 4x GANTI JUDUL..

nasib judul pertama : Ditolak pembimbing

nasib judul ke-2      : Udah di ACC pembimbing, udah imput judul tapi udah deket seminar baru di kabarin dari kantor kalo alatnya ga suport buat PA gue. jadi mepet sebelom seminar gue GANTI JUDUL. ngurus INPUT ULANG judul jadi yang judul ke-3 deh buat seminar PA. ini judul yang ke-2 :



nasib judul ke-3     : udah seminar, udah ngerjain PA selama 3 bulan (april - juni) tetep ga bisa-bisa PA gue. ampe gue bolak balik ngerjain dari awal lagi, dari 0 lagi. install ulang UBUNTU ampe 10x gara-gara PA gue error terus. sampe gue ngilang bimbingan 1 bulan ga nongol ke dospem gara-gara takut ketemu klo ga ada progress PA. soalnya PA mentok disitu-situ aja. ini judul ke - 3 :



itu selama 3 bulan lebih gue-ima bolak balik jakarta bandung hampir tiap weekend ato pernah bolos kuliah 3 hari cabut buat ke jakarta buat ngerjain PA. (soalnya alat PA gue adanya di Jakarta, bole di pinjem kalo udah deket sidang) jadi selama ngerjain PA harus bolak balik Bandung-JKT. kadang kalo ga bisa cabut kuliah, gue-ima mau ga mau harus pulang-pergi bandung-jkt-bandung kalo ga bisa nginep di rumah gue.

sampe pernah saking keseringan bolak balik bandung-jkt buat ngerjain PA, otomatis ekonomi kantong anak kosan menipis dong. akhirnya gue-ima mutusin buat kalo ke jkt itu kita LONCAT TOL!! damn meeeen... kita memang cewe-cewe perkasa. ato bisa dibilang CUTE ENGINEER!! gimana ga cute engineer coba, wanita lembut seperti kita tapi anak TEKNIK dan PA kita itu openBTS..dan kita pelaku kriminal LONCAT TOL!!! bhhahahahah...

itu crime experience brrrooo...
kelar solat subuh, udah harus mesti jalan ke kolong jembatan tol buah batu, buat cegat bus primajasa arah jakarta. kenapa subuh? soalnya biar ga ketangkep polisi, klo bangun siang suka ada polisi yang jaga di bawah tol, suka di tangkep-tangkepin yang pada loncat tol gitu.. tapi alhamdulillah selama pengerjaan PA kemaren belom pernah ketangkep polisi :')
*ppsssttttt tapi ini jangan ditiru!!!

selama lebih dari 3 bulan gue bolak balik ke jkt-bandung tapi ga ada progress kemajuan PA gue, akhirnya gue cari kenalan anak IT yang ngerti tentang openBTS. Alhamdulillah ada yang ngerti...
bodo amat deh ga kenal tapi gue-ima sok SKSD biar diajarin..
ga peduli kenal ato ga, siapapun dan dimanapun orangnya asal ngerti dan mau ngajarin PA gue-ima, bakal di jabanin deh buat ngedatengin demi diajarin PA, ga gengsi buat mohon-mohon minta ajarin..

teh afrah namanya, doi lagi hamil besar tapi lagi ngerjain skripsi dan doi lulus skripsinya dapet A. wow super women sekalih teteh cantik itu....

setelah doi kelar sidang skripsi, doi yang hamil tua udah mesti pulang ke daerahnya buat persiapan melahirkan. terus gue-ima di oper ke temennya doi yang anak lab switching IT Telkom buat ngajarin kita.
gue-ima akhirnya ngerjain PA di lab switching IT telkom, setelah mohon-mohon sama kantor yang di jakarta buat bawa alatnya ke bandung dengan perjanjian Agustus gue udah harus kelar sidang buat balikin lagi alatnya. alhamdulillah pihak sana sangat baik buat ngizinin ima-gue bawa alatnya ke bandung..

gue ngerasa belo'on banget selama belajar sama anak lab switching IT, gue baru nyadar selama ini gue 3 tahun kuliah di kelas ngapain aja, ga ngerti sama sekali gue tentang UBUNTU. buat install ubuntu aja masih selalu di installin danu ato dwi. se-parah itulah gue ga bisa apa-apanya tentang ubuntu.
malu sih ama anak lab switchin IT, tapi ah biar aja, gue putusin itu urat malu, gue kekeuh mau belajar buat sampe ngerti ubuntu. alhamdulillah temen-temen lab switching IT sabar banget ngadepin gue-ima yang oon ini :')

tapi tetep aja PA gue (masih pake judul yang ke-3) ga kelar-kelar mentok disitu-situ aja. akhirnya gue pas puasa hari pertama,gue putusin buat pulang ke jakarta,buat puasaan dirumah bareng keluarga tercintaah..
sambil laporan ke ortu, buat nyiapin diri kalo seandainya nanti gue ga bisa nepatin janji gue buat lulus tepat waktu. gue minta maaf klo gue bakalan ngecewain mereka ga bisa lulus tepat waktu.

pas gue bilang kalo PA gue mentok dan gue bilang mereka harus persiapin diri buat gue ga lulus tepat waktu, respon dari mereka? ga sesuai kaya bayangan gue...

my dad so angry...he upset when i tell him about my last project..
yup doi ga mau tau gimana caranya gue harus kelarin itu semua..
doi ga terima alesan..
jahat?papah jahat?yup wajar gue mikir kaya gitu...
tapi gue baru berasa manfaatnya sekarang kenapa papah se marah itu sama gue..
pas papah marah dia bilang "gausah pulang-pulang kalo PA belom selesai. kelarin dulu itu PA"

gimana perasaan lo jadi anak cewe bontot saat itu?
kesel..karena papah ga bisa sedikit ngertiin anaknya yang udah perjuangin mati-matian ngerjain PA
kecewa..karena bukan itu yg gue harepin pas gue bilang tentang masalah PA gue. gue pulang buat nenangin pikiran, buat buka bareng keluarga, buat minta suport ngerjain PA gue, gue lagi down banget gara-gara PA gue mentok..tapi malah makin down setelah bokap bilang gitu.. :')

akhirnya yang rencana nya gue pengen 1 minggu puasa di rumah, gue putusin cuma 2 hari dirumah. soalnya gue ga betah gara-gara malah dibikin makin down.
pas gue balik ke bandung, dalem hati gue bilang :

"liat ya pah, ade bakal buktiin sebelom lebaran ade pulang, PA ade udah kelar. ade bakal buktiin ke papah klo yang papah tuduh ade maen mulu ga mentingin PA itu salah. liat pah!!"

saking gue saat itu kecewanya sama papah, sampe bandung gue nangis-nangis di kosan danu,
gue bilang sama ima danu :

"bantuin gue puhhhleeeessss..... (please) gue pengen lulus tepat waktu..gue pengen buktiin ke bokap kalo gue BISA! gue BISA jadi yang dia harepin. gue BISA buat ga ngecewain dia. gue mau bisa, mau kelar sebelom gue balik lebaran gue harus buktiin ke bokap klo gue udah bisa selesaiin ini. apapun caranya tolong ingetin gue klo gue haru LEBIH ekstra perjuangin PA, lebih usaha dari sebelumnya ya ima, danu. ingetin gue"

alhasil setelah nangis-nangisan di kosan danu, gue lebih gila-gilaan fight for PA nya, ngurangin waktu tidur, bisa 1 hari cuma tidur 4 jam, itu juga ketiduran, bukannya sengaja tidur.lupa makan gara-gara PA ga berasa ngerjain PA.tiap hari pulang malem dari kampus ato dari kosan danu buat ngerjain PA. tapi hasilnya???
TETEP MENTOK BRO!!! PA gue ga kelar-kelar juga...



pernah pas ima bimbingan ke pak prajna 1x tanpa gue ikut bimbingan. ima di tanya pak praj kenapa dia sendirian, kenapa gue ga ikut bimbingan, kenapa gue udah lama bimbingan. ima jawab apa???
" mira lagi pulang ke jakarta pak. dia takut bimbingan sama bapak soalnya PA dia mentok ga ada progress"
pak prajna malah bilang "suruh dia balik bandung, besok bimbingan sama saya"
padahal yaaaa gue saat itu lagi ada di kosan. mbahahahaha.... ima emang patner in crime gueeeh..

besoknya gue ngadep ke pak prajna.. tanggal 10 juli gue ngadep pak prajna..
gue ngadep pak prajna ditemenin ima..
pak praj : "kemana aja mir, baru bimbingan lagi. udah sebulan lebih loh"
gue        : "iya pak maaf..abisnya saya takut pak buat ketemu bapak, takut diomelin gara2 ga ada progress PA saya pak. PA saya mentok pak, susah..."
pak praj : "kalo mentok PA nya tuh bimbingan...bukan mentok malah ngilang. tar ga selesai. mau lulus ga?"
gue        : "mau pak mau banget saya lulus"
pak praj : "yaudah mulai besok bimbingan tiap hari sama saya ya. kamu dateng kesini, kerjain PA depan saya. tiap hari harus ada progress"
gue-ima : "iya pak tiap hari kita kesini"

*besoknya
gue        : "pak PA saya mentok pak, susah
pak praj : "yaudah kamu ganti judul pake ini.itu ga bisa di realisasiin PA kamu sekarang"
(pak praj nyuruh gue ganti judul doooong...whaat?? INI JUDUL GUE KE-4!!"
pak praj : *ngejelasin PA gue yang baru* "minggu depan harus udah selesai ya program PA kamu"
gue        : "SEMINGGU PAK??"
pak praj : "iya saya kasih waktu seminggu. tiap hari kamu harus kesini liatin progress ke saya"

gue keluar ruangan pak prajna sambil lemeeees banget nget...
streeesss gue. baru dapet judul langsung di kasih deadline 1 minggu buat ngerjain PA.
shock ya Allah....
ga tau mesti ngapain, ga tau mesti gimana buat mulai PA nya..

alhasil kelar bimbingan jam 9 pagi, gue-ima ke lab switching IT, gue cerita sama ka Kepin kalo PA gue berubah dan harus begini begitu.Alhamdulillah doi ngerti PA gue ternyata!!!!! akhirnya gue dikasih tau cara-cara nya buat ngerjain PA gue, gue sampe sore ngerjain PA di IT. dan itu belom selesai..
terus gue balik ke kampus buat nanyain PA gue ke pak praj.. kata beliau PA gue udah bener tahapan ngerjainnya..

terus gue suntuk, gue break sebentar buat sholat ashar..
di sana, didalam doa gue kelar sholat ashar.... gue komunikasi sama Allah :
" ya Rabb, jika engkau meridhoi hamda dengan teman-teman hamba yang sedang PA dan KI untuk membahagiakan orang tua kami lewat wisuda kami oktober nanti, jika engkau mengizinkan kami untuk sedikit berbakti agar mereka bahagia, maka ridhoi lah kami yaRabb. jadikan PA dan KI ini sebagai wadah untuk mengenal kuasa engkau lebih dekat. tidak ada yang tidak mungkin bagi engkau untuk mengabulkan doa kami. jadikan amal baik kami selama ini untuk membantu mempermudah menjalankan KI dan PA ini ya rabb.amin"

kelar gue sholat, gue iseng-iseng tiba-tiba pengen maen ke lab jaringan,ga tau kenapa gue hari itu pengen kesitu. padahal gue selama semester 6 ga pernah ke lab itu, ngapain juga gue ke lab ga ada keperluan. tapi hari itu aneh aja pengen kesana.

pas ke lab, eh ada shinta sama ibe...
ibe lagi ngajarin PA shinta...
ibe nyapa gue..
ibe : "anak bimbingan pak tommy ya?gimana PA nya?"
(sumpah gue pas ibe nyapa itu gue blm tau namanya dia siapa. gue cuma inget muka dia gara2 pernah ketemu pas lagi bimbingan sama pak tommy)
gue : "mentok ni. malah tadi pagi disuruh ganti judul sama pembimbing 1 gue.dikasih deadline 1 minggu pula"
ibe : "emang PA nya diganti jadi apa? bukannya PA kamu multi openBTS itu?"
gue : "diganti openBTS disambung ke VoIP. soalnya alatnya ga suport"
ibe : "oh gitu jadinya ke VoIP. pake asterisk ya?"
gue : "ha??? kamu tau PA aku?kamu ngerti PA aku?"
ibe : "sedikit sih, iya waktu kamu bimbingan sm pak tommy, ga sengaja aku nguping"
gue: "owalaaah...jd nya kamu ngerti? PA aku masih error ni"
ibe : "yaudah coba bawa sini"

alhasil gue dengan semangat ngambil laptop di ima, gue bawa ke lab jaringan, terus gue diajarin ibe...
daaaaaaaan TAAARAAAAAA!!!!! gara2 dikasih tau caranya ama ibe....
PA GUE KELAR DALAM BEBERAPA MENIT!!!

woooooow alhamdulillaaaa... amaziiiiiing!!! *lebay

perjuangan selama lebih dari 3 bulan mentok ngerjain PA,
berakhir diganti judulnya + dikasih deadline 1 minggu buat ngerjain PA gue.
dan PA gue kelar dalam waktu kurang dari 6 jam!! subhanallah sekaleeeeeeh memang....
akhirnya gue bisa daftar sidang bulan agustus dengan judul gue yang ke-4...

nih pembimbing gue keren banget kasih motivasi nya di group bimbingan doi :


ahahah manceeb sekaleh memang pak prajna jadi dosen pembimbing....realistis =))

kelar daftar sidang, gue bisa pulang dengan tenang ke rumah buat liburan lebaran an di rumah...
sambil nunggu jadwal sidang keluar, makan nikmat buka puasa bareng keluarga dengan atmosfer udah ga takut diomelin gara-gara PA udah kelar dan udah daftar sidang...

tiba-tiba.................................
*cengklung bunyi notif message di FB* dan isinya dari ADJUR!!!! kaya gini :


maaaaaaaaaak ngedadak streeesss doooong....
udah santai-santai leha-leha di rumah, ortu udah seneng gue bisa maju sidang, tiba-tiba gue dapet kabar SEMINAR ULANG!!!! yasalaaam.....
alhasil gue hubungin buru-buru ketua prodi gue, gue jelasin se detail mungkin, alhamdulillah beliau bersedia acc.. dan gue ga jadi seminar ulang.. fiuuuuhhh~

Allah ga pernah iseng...
Allah maha baik dan ga ada yang gamungkin jika Allah meridhoi...
ga ada yang KEBETULAN!! semua udah ada jalannya masing-masing...

Alhamdulillah....Allah masih sayang hambanya...

Disaat kita ngerasa kita ga punya siapa-siapa yang bisa ngertiin perasaan kita..
disaat kita ngerasa udah ga ada lagi orang yang ngedukung kita..
disaat udah ga ada lagi orang yang peduli sama nasib kita...
disaat kita ga punya siapa-siapa yang bisa diandelin..

All izz well...
kita punya Allah..
selalu ingat ada Allah yang maha Baik yang mengatur segalanya menjadi BAIK!


ketika Allah rindu pada hambanya, Allah akan mengirimkan sebuah kado istimewa
 melalui malaikat Jibril yang isinya adalah ujian.
Dalam hadits qudsi Allah berfirman:
"Pergilah pada hambaKu lalu timpakan berbagai ujian padanya karena Aku rindu mendengar rintihannya"
(HR Thabrani dari Abu Umamah)


ketika hambanya berdoa dan merasa Allah tidak mengabulkan doanya,
ingat ini....
Allah TIDAK PERNAH TIDAK MENGABULKAN setiap doa hambanya..
Allah hanya akan menunda untuk mengabulkannya atau bahkan digantikan dengan yang lebih baik...

ga semua yang kita pengenin itu baik
ga semua yang baik itu yang kita butuhin..
Allah lebih tau apa yang hambanya butuhin...

Allah cuma pengen ngelihat seberapa besar usaha hambanya buat ngedapetin apa yang kita mau.
pengen HASIL maksimal?? ya dimksimalin USAHANYA...
Pray hard, work hard..
lets see.........

dan gue baru tau tujuan papah kenapa sampe papah semarah itu waktu itu...
sebenernya itu ungkapan rasa sayang seorang bapak kepada anak nya..
beliau tidak ingin anak nya menjadi lemah terperangkap dalam keputus asa-an..
papah ingin anaknya lebih bisa survive menghadapi segala permasalahan yang ada..
papah yakin anaknya mampu menyelesaikan nya dengan baik..

papah saat itu marah karena papah ingin mengajarkan seberapa penting arti sebuah tanggung jawab
papah ingin anaknya belajar menghargai WAKTU, tidak boleh menyia-nyiakan waktu yang ada..
papah ingin anaknya menghargai segala pengorbanan yang telah dilakukan orang-orang yang telah bayak mengorbankan segalanya buat melihat keberhasilan saya...

makannya saat itu papah marah...
wajar seorang ayah tidak ingin melihat anaknya gagal...

makasih pah, kemarin udah menyadarkan ade, mungkin kalo papah kemarin ga semarah itu,
ade ga aka se fighting ini buat ngerjain PA...buat ngebuktiin ke papah kalo ade bisa..
makasih pah, karena papah ade bisa belajar buat survive dan ngehargain banyak hal...

Proyek Akhir ini saya berterimakasih kepada :
- Allah SWT yang selalu setia tempat berkeluh kesah saya
- Kedua orang tua
- Keluarga
- Pak Prajna (pembimbing paling manceeeb di kampus) *recomended sekaleh
- Pak Tommy (pembimbing yang selalu perkuat konsep gueh)
- ICT watch
- Ka Hamdan
- Lab switching IT Telkom
- Ima, Dila, Danu, Ibe, dan seluruh temen-temen yang udah sabar disusahin sama gue.

makasih buat semua doa dan dukungannya

semoga Allah membalas kebaikan kalian...

nih cerita sidang gue --> sidang ajaib



1 comment:

Labels

Followers