Total Pageviews

Tips Proyek Akhir buat mahasiswa tingkat akhir..

  • 1
gue nulis ini berdasarkan pengalaman gue selama jatuh bangun ngerjain PA...



1. Siapin beberapa judul Proyek Akhir
kalo bisa jangan cuma nyiapin 1 judul, kita harus punya cadangan beberapa judul, takut sewaktu-waktu PA kita ga bisa terealisasi, jadi udah ada persiapan judul laen. Cari judul yanng realistis bisa di kerjain, syukur-syukur sebelom seminar, kita udah make sure ngerjain PA itu udah bisa terealisasi. Jadi bakal lancar di seminar, dan kedepannya udah tenang PA nya bisa terealisasi.

2. Cari pembimbing yang GAMPANG DI HUBUNGIN
nah ini pentiiing banget... gue sih saranin cari pembimbing yang sering stay di kampus, sukur-sukur itu dosen kerja di kampus, ada ruangan yang doi selalu stay di sana. jadi kita gampang buat nemui itu dosen kalo ngedadak perlu bimbingan. kaya ima, dia dosen pemb 1 dan pemb 2, udah ada ruangannya dosennya selalu stay di kampus. jadi dia ga perlu janjian buat ketemuan ama itu dosen. tinggal datengin ruangannya langsung.
ini bermanfaat banget buat klo kita ngurus-ngurus administrasi tentang PERTANDATANGANAN DOSEN.
soalnya ga sedikit temen-temen gue, termasuk gue terkendala PA nya cuma gara-gara susah nemuin dosen.
sampe ada temen-temen gue yang sidangnya ga bisa tepat waktu gara-gara dosen ga bisa di hubungin. itu GASWAT CUUUY!!!





3. Cari pembimbing yang GA NYUSAHIN
tanya sama temen ato kaka kelas tentang track record dosen yang mau dijadiin pembimbing. liat apakah yang dulu-dulu yang pernah bimbingan sama itu dosen fine-fine aja atau malah banyak mahasiswa yang jadi korban gara-gara mentok di pembimbing, entah pembimbingnya yang susah buat komunikasi atau pembimbingnya yang selalu ngejatohin anak bimbingannya tiap kelar bimbingan, malah bikin anaknya down bukan semangat. malah di sepelein gitu mahasiswanya, dianggap remeh PA nya. ada tuh kaya gitu temen gue mentok ga bisa tepat waktu gara-gara pembimbingnya perfeksionis..mentok di bimbingan, ga diizinin sidang..
ato malahan ada juga yang mentok di dosen yang hoby nya revisi mulu ga kelar-kelar..



4. ILANGIN GENGSI buat minta tolong sama orang
nih ini nih, gue salah satu orang yang tingkat ke-GENGSI annya tinggi sekaleh. orang-orang terdekat gue biasanya ngerti banget kalo gue gengsian. Nah buat ngerjain PA, ilangin tuh gengsian!!
JANGAN pernah gengsi buat minta tolong,buat minta bantuin, buat minta ajarin ke orang-orang. cari orang-orang yang bisa ngajarin, SIAPAPUN orangnya. mau kenal kek, ga kenal kek, kaka kelas kek, adek kelas kek, dosen yang kita benci kek, siapapun itu jangan malu buat konsul PA kita. Mau itu pernah musuhan sama kita, kita harus ilangin itu gengsi buat kita minta tolong, who knows dong, siapa tau jawaban PA kita ada di dia.

5. ILANGIN GENGSI buat mohon-mohon sama dosen
nih ya gue sih bilangin aja, klo komunikasi sama dosen itu harus amat sangat sopan. siapapun dosennya, gimana pun doi. Galak ataupun Baik tetep haru ekstra sopan kita nya. biar dosennya juga respect ngeladenin kita. soalnya ada kejadian itu dosen kalo gue hubungin pasti di bales, tapi kalo sama temen gue ga pernah ditanggepin. mungkin cara komunikasi yang kurang enak jadi bikin dosen itu ga respect buat ngeladenin.
jangan gengsi buat mohon-mohon, mohon ketemuan lah, mohon ajarin lah, mohon apapun deh. selagi kita masih kuliah disitu dan selagi nasib kita masih tergantung ama itu dosen, gausah macem-macem deh kita. ilangin gengsi yang bilang "sok iye banget itu dosen, gue juga bisa ko lulus tanpa dia.liat aja!" eeeiiittss ati-ati itu omongan...
mau ga mau, suka ga suka...kita butuh dosen itu coy.... sabarin aajaaaaaa.....
klo kata dosen favorite gue, bu tya "sabar ya dek nasib mahasiswa emang ngejar dosen" huhuhuh

6. ikutin rule peraturan kampus dengan tertib
nih penting! perhatiin alur-alur apa aja buat PA, buat seminar, buat sidang, buat wisuda. catet dengan baik waktu-waktu yang udah di tentuin dari kampus. jadiin tanggal2 itu sebagai acuan buat target kita. kaya target harian kita, target mingguan, target bulanan..buat gue sih harus ada, biar hidup kita teratur ada tujuannya..
ikutin persyaratan-persyaratannya..selama ikutin alur dan persyaratan2 jangan kelebay an ngeluhnya..
belom apa2 udah "aduuuh ribet banget deh ni kampus" tar lo malah nge mind set otak segala yang lo lakuin tar malah jadi ribet sendiri...tinggal ikhlas jalanin ikutin aja.. disuruh minta TTD dosen yaaaa mangga tinggal janjian nemuin dosen, ato klo dosen ga ada kabar, ya tanya ke bagian kampus ttg dosen itu, ato dateng aja tiap hari buat cegat dosen di ruangan dosen *gue pernah ngelakuin ini pernah berhasil pernah gagal*



7. nurut sama dosen pembimbing
naaaaaaaaaaah.....ikutilah dengan sabar setiap ucapan dosen pembimbing mu dan laksanain dengan tertib, niscahya beliau akan senan tiasa membantu mahasiswa nya...jagan paksain atau ngeyel kalo dikasih tau ama dosen pembimbing...dia nargetin A, ya kita harus jalanin aja dulu, urusan kelar ga kelar ato bisa ga bisa nya, ya liat nanti. yang penting usaha dulu, temuin lagi itu dosen sesuai kesepakatan. klo blm bisa PA kita, ya jujur aja. liatin ke doi kalo kita udah keras usahanya dan pengen buat lulus...pasti deh doi luluh kesian ama kita dan mau ngebantuin kita klo kita udah usaha keras tapi mentok

8. Jangan pernah mikir "gue kan bego, ga ngerti ini itu, gimana PA gue mau kelar"
"aduh ini judul susah, ga diajarin di kampus, gue bisa ngerjain ga ya"
jangaan mikir kaya gitu... selagi mau berusaha, selagi mau belajar, selagi bersikeras MAU buat lulus. insyaAllah bisa selesai.. kan ada orang2 tempat buat kita belajar, tempat buat minta ajarin..
kan masih ada GOOGLE tempat kita tanya dan tempat copy paste *halah...
gue pernah ko searching materi sampe halaman terakhir google dan ga ketemu juga, sampe gue masuk ke web yang bahasa german terus gue google translate in buat trouble shoot PA gue. ngahahha..
buktinya gue PA nya pake UBUNTU, tapi sampe saat ini gue belom bisa install ubuntu..
gue ga bisa basic tentang comment2 konfigurasi ubuntu apa aja..
PA gue tentang openBTS, selama kuliah ga pernah belajar tentang itu, itu dunia baru dan asing buat gue..
gue harus belajar tentang GSM, frekuensi radio, tentang BTS, malah tentang telekomunikasi..
bukan jaringan komputer kaya jurusan gue... jadilah belajar dari 0 banget buat ngerjain PA..
alhamdulillah....

"there is a will, there is a way"
"manjadda wa jadda"

9. Jangan berenti berusaha. Jangan putus asa. LAWAN RASA MALES!!
kalo kata pak prajna :
bener banget itu kata beliau................

Tugasnya manusia hanya berusaha.urusan hasil?Sepenuhnya urusan Allah. Mau hasil maksimal,maksimalin diusahanya.perkuat doa perbanyak usaha.
Kalo hasilnya ga sesuai harapan?cuma bisa ikhlas,terima keadaan,percuma nyalahin keadaan.intropeksi diri,jangan lakuin kesalahan berulang.

Percaya,disetiap permasalahan,pasti Allah persiapkan solusinya.
cuma tergantung seberapa besar usaha hambanya untuk nemuin solusinya
Ketika ada prmasalahan,tugas manusia brusaha mengejar solusinya.
ga ada permasalahan yg ga bs terselesikan.tergantung mau/tidaknya berusaha

Percaya,ga ada usaha yang sia-sia..
Ga ada yang ga mungkin.dan ga ada yang kebetulan.jika Allah sudah berkehendak, maka terjadilah.
Diri sendiri ga yakin akan kemampuannya menghadapi permasalahan?
Allah aja yakin kasih kepercayaan permasalahan itu sm kita.Allah ga slh pilih.

usaha sampe ketemu...
nih ya dosen ato orang lain aja pasti bakal iba atau kasihan liat kita yang udah usaha mati-matian ngerjain tapi tetep mentok, pasti bakal dibantuin cari solusinya.. itu manusia loh ciptaan Allah aja udah kasihan liat kita.. pasti Allah yang maha menciptakan pasti mau bantuin juga deh kasian liat kitanya, pasti Allah ga tega liat hambanya..
tapi jangan harap dikasihnanin dan Allah mau bantu kalo hambanya aja ga mau usaha...

"saya ga akan berhenti karena letih, saya akan berhenti karena selesai"
"jika berhenti atau mundur berarti hancur"




10. Harus selalu GAMPANGAN buat nolongin orang
pengen ada orang yang nolongin kita???
ya kita nya harus gampang lah buat nolongin orang kalo dimintain tolong..
jangan pelit susah dimintain tolong ama orang lain..
coba pikirin klo someday posisi kita lagi diposisi sulit kaya gitu terus ga ada yang nolongin ato terus ada orang tapi orang itu susah banget dimintain tolongnya?? pengen NAMPOL ya sih rasanya klo ada orang kaya gitu??!!..

inget hidup tuh harus saling tolong menolong, kita harus baik sama orang, sebisa mungkin usahain nolong. kita ga tau dong dia orang yang lagi minta tolong sama kita itu someday adalah orang yang bakal kita minta tolongin, orang yang bakal berperan buat netuin masa depan kita..

gue percaya setiap pertemuan itu pasti ada tujuannya dan manfaat nya di kemudian hari. makannya harus baik-baik sama orang, jaga relasi. gue percaya tiap orang yang hadir di kehidupan kita sekarang itu punya peranan masing-masing bagi kehidupan kita saat ini dan nanti. who knows kan!

jadi orang jangan nyusahin juga..
minta tolong mulu, ga mandiri2, nyusahin mulu cuma jadi benalu minta tolong mulu tapi giliran dimintain tolong mah banyak alesan.. inget coy tar kita meninggal mau mandiin sendiri,ngubur diri sendiri ga ada yang mau bantuin??? INGET ITU!!!

11. jaga omongan
amit-amit jabang bayiii...
selama lo jadi mahasiswa ato mahasiswa tingkat akhir terutama jaga omongan!! soalnya omongan ngebalik itu langsung cepet banget terwujud karma nya..ati-ati omongan itu doa, dan karma itu ada..
kaya gue pernah ngomong:
"I HATE ubuntu, ogah ya gue ambil PA ubuntu" eng ing eeeng... PA gue ubuntu dong mau ga mau :')
ima juga pernah bilang :
"duh gue takut bangetlah ama pak praj yang udah kasih gue nilai tekLAN D. jagan sampe gue ketemu dia lagi" eng ing eeeeng ima dosen pembimbing 1nya pak prajna..ihihihihi

ati-ati banget coy kemakan omongan...
sampe ada temen gue benci banget, suka hina-hina dosen X, dan ternyata dosen X jadi penguji dia..mbahaha


12. Perbanyak amalan baik + perkuat shodaqoh
naaah selain usaha keras buat duniawi, usaha keras juga buat akhirat...
mau di tolong Allah?? perbanyak amalan amalan sampingan selain amalan utama lo..
caper sama Allah...coba pikirin "alesan apa yang ngebikin biar Allah nolongin kita"
misal Allah nolongin kita karena kita punya amalan special dari amalan orang lain..
misal yang dulu abis sholat ga pernah dzikir ato baca quran, sekarang sempetin perbanyak komunikasi sama Allah dengan cara pernbanyak ngaji. liat usaha orang lain buat caper sama Allah, dia aja ampe segitunya buat caper sama Allah, kita harus lebih dari dia biar Allah perhatiin kita..

perkuat shodaqoh... pengen segala urusan di perlancar?
shodaqoh solusinya...semakin banyak sodaqoh, semakin bayak yang ngedoain kehidupan kita, semakin banyak rezeki kita, jangan diliat dari besarnya shodaqoh. tapi Allah lebih suka sama yang amalan kecil tapi kontinue..rasain gimana nikmatnya shodaqoh disaat diri sendiri itu lagi dalem kesulitan..
itu bikin jiwa tenaaaang banget, nyaman... tentraaam... cobain deh

13. Perkuat Doa
niiih the power of pray.....
gue sih percaya banget sama Allah....
terus gue percaya kalo kita ngedoain orang lain, insyaAllah doa'nya berbalik ke kita..
jadi sih doain dulu orang lain, doain kesuksesan orang lain, doain kesejahteraan, kesehatan orang lain. niscahya doanya akan berbalik untuk kita..

banyak-banyak berdoa,mendoakan dan minta didoakan orang-orang..

ketika Allah rindu pada hambanya, Allah akan mengirimkan sebuah kado istimewa
 melalui malaikat Jibril yang isinya adalah ujian.
Dalam hadits qudsi Allah berfirman:
"Pergilah pada hambaKu lalu timpakan berbagai ujian padanya karena Aku rindu mendengar rintihannya"
(HR Thabrani dari Abu Umamah)


ketika hambanya berdoa dan merasa Allah tidak mengabulkan doanya,
ingat ini....
Allah TIDAK PERNAH TIDAK MENGABULKAN setiap doa hambanya..
Allah hanya akan menunda untuk mengabulkannya atau bahkan digantikan dengan yang lebih baik...

ga semua yang kita pengenin itu baik
ga semua yang baik itu yang kita butuhin..
Allah lebih tau apa yang hambanya butuhin...

Allah cuma pengen ngelihat seberapa besar usaha hambanya buat ngedapetin apa yang kita mau.
pengen HASIL maksimal?? ya dimksimalin USAHANYA...
Pray hard, work hard..
lets see.........


13. Liat esensi PA
Jadiin PA itu = Proyek Akhirat...
kalo kata pak tommy...
"targetnya jangan cuma yang penting lulus, tapi berdoa semoga PA nya bermanfaat buat orang banyak. insyaAllah manfaat di dapat, Kelulusan itu BONUS nya"

benerin lagi mir niatnya.... lillahita'ala...
itu kata dosen pembimbing 2 gue...

jadikan PA ini sebagai ajang dimana disitu terlihat jelas kuasa Allah...
semua dilancarin karena kehendak Allah, karena ridho Allah...
manusia cuma bisa berusaha, kalo belom rezeki, Allah belom ridho, ya ga akan bisa..
(eits dengan catatan kita udah maksimal usahanya ya)
kalo udah ga bisa, ga bole nyalain keadaan, nyalahin orang lain, apalagi nyalain Allah.. JANGAN!!
kita cuma bisa ikhlas, intropeksi, jangan lakuin kesalahan berulang, BERUBAH!

tiap saat, gue komunikasi sama Allah :

"ya Rabb, jadikan proyek akhir ini sebagai wadah untuk mengenal kuasa engkau lebih dekat yaRabb. jadikan PA ini sebagai belajar kepada hamba bahwa hanya kepada engkaulah segalanya bergatung. jadikan hamba orang yang selalu bersyukur dalam keadaan apapun, dan selalu berprasangka baik kepada engkau. jauhkan hamba dari sifat sombong dan takabur yaRabb.rendahkan hati hamba ketika mendapat pujian dan kuatkan hati hamba ketika mendapat ujiam.hanya engkaulah tempat hamba berkeluh kesah dan bergantung. Tetap dekat dan peluk hamba yaRabb, lepas dari PA, tetap jadikan hamba selalu bersyukur dekat dengan engkau. amin"

libatkan Allah dalam setiap urusanmu...
dalam keadaan apapun...

"yaRabb, saya ga tau ini berkah atau musibah. saya hanya berprasangka baik kepada engkau. saya yakin rencana mu lebih indah pada waktunya"

Alhamdulillah....



ini cerita proses PA -->; Perjuangan PA
ini cerita waktu sidang --> ngedadak sidang
ini tips buat ade kelas kalo mau ambil PA --> tips buat ade kelas

1 comment:

  1. Nice Info Bermanfaat Sekali Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
    http://jasapembuatanskripsiprofesional.blogspot.com/

    ReplyDelete

Labels

Followers