Total Pageviews

Tips Memilih Dosen Pembimbing Proyek Akhir

  • 0
nih tulisan ini bertujuan buat temen-temen yang akan memulai Proyek Akhir. kalo ada pilihan boleh milih sendiri dosen pembimbingnya, gue saranin sih mending kita milih sendiri, jadi ga kaya beli kucing dalem karung "duh siapa ya dosen gue kira2", minimal kita udah ada antisipasi buat ngadepin dosen pembimbing kita nanti kalo kita pilih dosennya sendiri.ga dipilihin kampus.

terus kalo pilih sendiri tuh, kecil kemungkinan buat nyalahin keadaan klo kita gagal, ga ada ucapan "tuh kan ini nih gara-gara dosennya nih bla bla bla" ya gimana mau nyalahin, kan ini pilihan kita sendiri, ya kita harus siap dong resiko-resiko sama apa yang kita pilih.. nih tips-tips nya :



1. Lihat apa yang kita butuhkan

ini penting banget, kita harus tau PA kita mau bikin apa, kita butuh dosen yang paham dibidang apa juga. jangan sampe sementang kita tau dosen itu baik, dosen itu deket sama kita, dosen favorite kita, tapi ternyata itu dosen ga ada sangkut paut sama ilmu yang kita butuhin buat penunjang PA kita. misal dosen favorite kita itu dosen statistik eeeeh PA kita tentang CODING! yaaaa jaka sembung makan kedondong, ga nyambung dong.... ahahha

usahain cari dospem itu yang kita butuhin ilmu nya buat PA kita, kan ada 2 dospem tuh. nah kalo gue kemaren sih, dospem 1 harus tau banget sama PA gue, jago PA gue secara teknisnya, harus ngerti banget PA gue mau bikin apa, biar gue kalo mentok, beliau bisa kasih solusi. jadi ga dianggurin gue nya kalo mentok ga bisa. nah dospem 2 gue, gue pilih dospem yang kuat KONSEP dan lebih ke tatatulisnya.
soalnya gue mikir, kalo dua2nya dosen gue jago teknisnya tar mereka kasih solusi tapi beda-beda kan gue jadi bingung sendiri. jadi dospem ke-2 gue, gue pilih sebagai penunjang tata tulis dan presentasi PA gue.

dan alhamdulillah deh PA gue kelar tepat waktu berkat pembimbing2 gue, dan slide PA gue,jadi di promosiin dosen2 buat acuan slide presentasi sidang.ehehhehe gegara sebelumnya slide presentasi gue di revisi sama pembimbing2 gue itu.



2. Cari tau backgroud dan track record dosen incaran

nih ya setelah kita tau kita butuh dosen seperti apa, mulai deh cari kira-kira dosen yang bakal nyambung diajak ngobrol tentang PA kita siapa ya, kalo perlu bikin list dosen-dosen incaran. lebay?emang sih (tapi gue sih kemaren gitu,biar ga terpaku sama 1 dosen) cari tau itu dosen jago di bidang apa, terus cari tau dia enak ga buat jadi dospem, gampang ga ditemuin kalo bimbingan, tanya sama kaka kelas..
jangan sampe cari dosen yang nyusahin mahasiswanya. kaya susah di hubungin, susah di ketemuin, cuekin mahasiswa nya, susah kasih izin seminar dan sidang PA yang padahal PA kita udah layak buat disidangin.

ohiya, cari tau juga, itu dosen banyak musuhnya apa ga. soalnya kadang ada juga oknum-oknum dosen yang banyak musuhnya, oknum-oknum dosen tersebut pada saling nyimpen dendam gara-gara anak bimbingannya ada yang ga dilulusin sama oknum dosen tersebut. ada tuh yang kaya begitu....
saling ngejatuhin...ga profesional sih, tapi ya kenyataannya gitu.. tiati aja eheheh

3. Cari dosen yang berpengaruh di kampus

naaaah ini diaaaa...
kesuksesan anak bimbingan tergantung siapa dosen pembimbingnya.. mungkin bisa dikatakan 70% berpengaruh buat kelulusan PA kita. peran pembimbing selain buat ngebimbing selama proses pengerjaan PA, doi juga yang berpengaruh pas kita sidang. disini peranan penting dospem, soalnya doi yang bakalan ngebelain kita saat kita dijatuhkan penguji sidang, doi juga yang bakal negosiasi perjuangin mahasiswanya buat lulus pas keputusan sidang.

cari dosen pembimbing yang disegani nah ini biasanya dosen yang udah senior di kampus. biasanya dosen-dosen muda segan buat adu argumentasi sama dosen senior, disamping dosen senior itu bijak-bijak, mereka juga biasanya baik banget walopun kadang suka kaku sih. jadi... aman deh kalo lo jadi anak bimbingan dosen senior di kampus.

ato juga dosen yang memiliki jabatan penting dikampus...
misal ketua prodi, ato wadir, ato direktur sekalian lo jadiin pembimbing lo.heheheheh
biasanya yang udah diliat-liat sih dari yang dulu-dulu, anak-anak bimbingan dosen yang punya jabatan di kampus itu bakalan aman, soalnya di segani juga ama dosen yang lain..
walopun sih dosen tipe yang ini pasti bakalan susah diketemuin, soalnya super sibuk. solusinya coba tanya kaka kelas yang dulu pembimbingnya beliau, cara bimbingan sama beliau itu biasanya gimana.

ato bisa juga cari dosen pembimbing yang terkenal KILLER kalo jadi penguji, klo gue sih mending dapet pembimbing yang killer, walopun jatuh bangun pas bimbingan, terus takut banget kalo mau bimbingan, mending ketemu itu dosen pas bimbingan deh, dari pada ketemu itu dosen pas jadi penguji kita. beeeh... you die! hahahha bisa di cecer abis-abisan kalo dosen tipe yang ini jadi penguji kita.hehehehe..


eits tapi ceritaan di atas berlaku asalkan PA lo bener yek ngerjainnya, ga pake males bimbingan, males ngerjain PA. no no no no...

4. PDKT sama dosen tersebut

niiih point terakhir...kalo udah dapet dosen yang lo mau, lo harus PDKT ama itu dosen, CAPER sama itu dosen. caranya? BUKAN JADI PENJILAT! bukan yang caper2 jijik yaaa...tapi caper intelek *hazeg..
nih caper intelek itu maksudnya lo tunjukin usaha lo buat serius ama PA lo, lo jelasin lo mau bikin apa PA nya, lo tunjukin usaha-usaha lo buat ngerealisasiin PA lo, lo tunjukin keantusiasan dan keyakinan PA yang lo ambil ke dospem lo..

terus kalo dia udah jadi pembimbing lo, please jaga harmonisasi hubungan lo dengan dia..
lo jangan males bimbingan, ikutin rule beliau, nurut apa kata beliau, walopun lo ga bisa dan ga ada progress pengerjaan PA lo, lo dateng aja buat bimbingan, minimal itu dosen tau kalo lo lagi kesusahan, pasti di bantu! pasti dikasih solusi..tapi dengan syarat lo jangan pasrah dan nyerah. lo harus tunjukin kemauan keras lo buat lulus, dengan cara lo usaha total,walopun masih ga bisa gapapa, toh di dunia ini klo mau berhasil ga ada yang instan kan, mie instan aja kudu di rebus dulu biar jadi mie! eheheh *efek laper sambil nulis*

jangan malahan lo ama dospem lo aja ga akur, ga sopan ama dospem lo,gimana beliau mau ngebantu dan mau ngebelain lo..

yaaa itu sih tips-tips dari gue, dari pengalaman gue..
pembimbing itu ada cuma buat ngebimbing lo, urusan lulus ato ga nya, semua tergantung usaha diri sendiri.

semoga kita semua berhasil dikehidupan kita saat ini dan nanti yak, amin

ini tulisan tentang --> deretan 10 dosen most wanted
ini tulisan tentang --> Dosen Favorite selama kuliah

No comments:

Post a Comment

Labels

Followers