Total Pageviews

sisi lain dari Menulis

  • 2



dari SMA, saya suka menulis.
menulis itu mungkin sebagian orang menganggap membosankan,ato tidak penting,ato buang-buang waktu.
tapi tidak bagi saya...

saya suka menulis,karena:
menulis itu bisa menyalurkan apapun yang ada di otak dan hati kita.
menulis itu bisa meluapkan emosi kita.tanpa harus buang-buang energi buat marah-marah.
lewat tulisan juga bisa buat belajar mengontrol emosi,dan belajar berbicara seperlunya.

lewat tulisan itu kita bisa mencurahkan dengan sesuka hati kita,
kita bisa berkarya tanpa batas..

tulisan itu hebat...

1. lewat tulisan kita bisa memprofokatori orang / mencuci otak orang
nah dengan kegunaan seperti itu,kita bisa mengajak orang lain untuk berbuat dalam kebaikan,untuk setuju dan mengikuti apa yang kita tuliskan tersebut,tanpa harus mengajak secara paksa. kalo si pembaca merasakan "wah iya banget nih" ketika membaca tulisan kita,secara otomatis mereka akan mengikuti apa yang ada di tulisan tersebut,walopun dampak nya sih kecil.

2. Menghilangkam Stres
menulis kita bisa mencurahkan perasaan kita tanpa takut diketahui orang lain. Tidak semua orang bisa dengan mudah menceritakan masalahnya pada orang lain. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh watak masing-masing orang. Pembagian kepribadian secara tradisional kita kenal ada dua, yaitu introvert dan ekstrovert. Introvert adalah orang yang memiliki tipe kepribadian tertutup, sedangkan ekstrovert adalah orang yang mempunyai kepribadian terbuka. Orang introvert tentu mengalami kesulitan dalam berbicara pada orang lain. Ini tentu saja mendatangkan kesulitan bagi orang introvert saat harus menyelesaikan masalahnya. 

3. Alat memformulasikan ide-ide baru
Setelah menuliskan setiap perkembanngan yang terjadi, tentu kita dapat melihat berbagai hal yang akan membuat kita menjadi lebih jeli dalam melihat segala hal yang terjadi. Ide dan rencana awal yang kita buat belum tentu sesuai dengan kondisi yang ada. Kondisi ini tentu saja membuat kita perlu menambah berbagai rencana baru yang sesuai dengan kondisi yang ada. Berarti, kita perlu menuliskan atau memformulasikan ide-ide atau gagasan yang baru. Hal ini dimaksudkan agar kita lebih mudah dalam menyelesaikan setiap permasalahan dan mengatasi kekurangan yang ada, sehingga akan lebih mudah pula dalam mencapai target kita.

4. Sebagai media refleksi dan kebijaksanaan
Menuliskan segala perasaan, masalah, dan konflik yang terjadi dalam hidup akan membuat orang semakin bijaksana. Karena, dengan menulis diari kita akan belajar berkompromi dengan setiap masalah yang ada. Belajar memahami masalah dan tidak sekadar mengutamakan ego semata. Semakin banyak kita melibatkan proses menulis dalam menghadapi permasalahan, kita akan semakin peka, tidak terburu-buru, bijakasana, dan mampu menggunakan kepala yang dingin ketika memutuskan sesuatu. Karena, terkadang kita tidak dapat melihat masalah dengan jelas jika kita tidak memetakannya dalam tulisan. Dengan menulis, segala sisi persoalan akan terlihat lebih jelas, dan itu memudahkan kita dalam mencari solusinya.

5. Belajar lebih peka
dengan menulis kita diajak untuk mengamati sesuatu secara lebih luas. dalam perjalanan kehidupan terkadang kita harus berhenti sejenak untuk diam ,Melihatlah kesekitar kita dengan mata yang mencari cara-cara yang lebih baik dan kalau yang kita upayakan selalu cara2 yang lebih baik untuk hidup. Maka coba lihatlah apa yang akan terjadi..!! 

6. Melatih berfikir tertib dan lebih teratur
ketika kita membuat tulisan, khususnya tulisan ilmiah atau untuk di publikasikan, maka kita di tuntut untuk membuat tulisan yang sistematis,sehingga para pembaca bisa mengerti apa yang ingin kita sampaikan.

Membiasakan menulis akan membuat kita lebih jeli dan terlatih dalam merumuskan dan menyelesaikan sebuah permasalahan. Sehingga, kita tidak akan terjebak pada satu masalah yang ada, tidak merasa tertekan, dan tidak menimbulkan distress (stres yang berakibat negatif bagi diri kita). Kita harus jeli dalam menghadapai masalah supaya bisa mengelola stres tersebut menjadi ustress (stres yang positif). 


2 comments:

  1. Wah Mira makin rajin nulis nih, blognya apdet terus, hehehe...

    Pantesan tulisannya lebih terstruktur, ternyata sejak SMA sdh seneng nulis :)

    Kalo boleh saya tambahin, menulis tuh penting banget di dunia akademisi. Lihat aja yang mau dapet gelar diploma, sarjana, master atau doktor kan harus menyelesaikan tulisan entah itu PA, skripsi, tesis, disertasi dsb. Akademisi yang mau naik jabatan akademis juga mesti rajin2 nulis entah di paper, jurnal, dsb.

    Intinya menulis itu penting, dan berbahagialah orang-orang yang bisa menikmatinya :)

    ReplyDelete
  2. hahaha ga ko pak,kalo lagi ada ide aja yang lagi pengen di tulis baru bisa..

    iya pak cuma kalo pas sma ga pernah di publish kaya gini pak,cuma konsumsi pribadi ihihih..

    waah iya juga ya pak,dampak positif nya luas :D

    ReplyDelete

Labels

Followers