Total Pageviews

Jakarta oh Jakarta

  • 1
Kadang gue suka heran kenapa orang-orang jaman sekarang masih aja kepengen hidup di jakarta. oke mungkin mereka ga ada pilihan lain, dan mereka butuh buat hidup di jakarta.
mungkin salah satu alasan terkuat mereka yang milih hidup di jakarta itu tentang lapangan pekerjaan yang sulit didapatkan di daerah lain.

gue rasa kalo di daerah laen banyak lapangan kerja, mereka lebih milih di kota lain dari pada harus ke jakarta.

ini beberapa alesan gue ga suka sama jakarta, selain dari macet, polusi dan banjir tentunya.
itu sih masalah ga akan pernah bisa terselesaikan siapapun presiden ato gubernurnya.
wong masalahnya ada di masyarakatnya toh.

why I hate jakarta :

1. Penduduknya Buta Mata, Tuli, Bisu,bahkan buta Hati
--------------------------------------------------------------
suatu pagi gue berangkat kerja, naek kopaja yang amat sangat penuh dan gue rasa udah ga muat lagi buat angkut penumpang. tapi tetep dipaksain angkut penumpang. alhasil empet-empetan banget pengap udah ga wajar deh.

nah ada kakek-nenek sekitar umur 60an udah sepuh banget, dan mereka gue rasa udah ga sehat lagi. mereka naek kopaja yang gue tumpangi. 
si kakek dengan susah payah naek ke kopaja. gerakan beliau lambat sekali dan gemetar.
matanya pun sudah tidak awas. dibelakangnya ada sang isteri menompang badan kakek itu agar beliau bisa naik.sedih banget gue ngeliatnya..
dalem hati "anak2nya beliau pada kemana?mereka harusnya di dampingi"

dan kalian tau keadaan apa yang gue liat?
berhubung di kopaja udah penuh sesak dan ga bisa masuk lagi, kakek-nenek itu berdiri di depan pintu kopaja. badannya pun ga seluruhnya masuk ke dalam kopaja karena udah penuhnya. mereka pegangan kuat agar mereka tidak jatoh.

KESEL YA ALLAH!!!!

gue berdiri di dalem banget.jauh dari mereka.ga bisa ngapain2 :(
kenapa orang-orang pada buta ga mau kasih kakek-nenek itu tempat duduk????!!!
atau bahkan buat sekedar geser badan aja biar kakek-nenek itu bisa masuk dan ga berdiri di depan pintu kopaja yang bahaya itu, mereka pun semua buta dan diam aja!!!!

bahkan tempat duduk di depan pintu kopaja itu yang duduk 1 wanita seumuran gue pake kerudung, sama bapak2 sekitar umur 40an tapi masih sehat. mereka diem aja ga bergerak kasih tempat duduknya.
sekitar 10 menitan, sibapak umur 40th itu keluar dari tempat duduknya soalnya mau turun.
alhasil tempat duduk yang depan gue itu kosong. (gue kosongin buat si nenek)

astagfirullah eeeeeh tapi langsung di serobot ama mbak2 muda!
gue tepok aja badannya "mbak ini kan kursi saya. orang mau saya kasih ke nenek itu. sini nek duduk sini"
kata nenek itu apa? "alhamdulillah makasih ya neng, nenek udah gemetaran dari tadi berdiri deket pintu ga kuat pegangan takut jatoh.pada ga punya perasaan banget neng orang jaman sekarang"

dan gue pun berkaca-kaca nahan nangis sedih.

alhasil si nenek itu duduk di kursi bekas si bapak umur 40th tadi, disamping nenek itu masih si wanita berkerudung seumuran gue tadi.doi cuek aja, pake masker + dengerin headset.
padahal di depan dia ada kakek-kakek ga sehat lagi berdiri gemetaran dan matanya udah ga awas. tapi si wanita itu tetep wae diem duduk manis.

alhasil si nenek itu teriak "depan kiri bang. tar dulu ya jangan jalan dulu bisnya.tunggu saya turun dulu"
tepat di depan rumah sakit mereka turun.
hati gue nangis bilang "yaAllah mereka beneran lagi sakit. harus naek kopaja berdiri pulak buat berobat kerumah sakit :( "

dan tangis gue makin pecah pas si kakek jatoh dari pintu kopaja nya :(
pas kopaja berenti depan RS, si kakek langung jatoh.
astagfirullah beliau pasti udah ga kuat nahan berdirinya :(

langsung tukang ojek dan beberapa penumpang pada turun buat bantuin kakek itu,langsung petugas rumah sakit bawa kursi roda buat kakek itu.sedih banget :(

nenek langsung teriak pas kakek jatuh,
"astagfirullah bapak!!!" dan si nenek sambil nangis langsung ngehujat si wanita kerudungan samping dia duduk tadi. (si wanita duduk di kursi depan pintu kopaja, disamping kaca)
"heh mba!liat nih! gara2 mba ga kasih suami saya duduk,dia jadi jatoh!dasar wanita kerudungan ga punya hati!!!"

dan makin miris pas gue ngeliat respon si wanita itu yang tetep cuek ga peduli.dia pake headset njir!!!!!!!
pas kopaja nya jalan, gue duduk di samping wanita itu.gue sambil bilang
"mba, mba ga kasian apa liat orang tua tadi? mba mba liat tuh mba gara2 mba jahat jadi kaya gitu, ga takut apa mba, bapak mba tar digituin sama orang laen gara2 mba jahat?"

dan mba itu cuma ngeliatin gue tanpa komentar!!!

gue heraaaaan : 

- kemana anak2nya beliau sehingga beliau-beliau itu harus berpergian sendiri dan ga ada yang jagain?
- kenapa orang-orang ga peduli sama mereka? kenapa orang-orang di jakarta buta hati??

semoga barokah kehidupan kakek nenek itu, beri mereka kesehatan yaRabb :")

2. Emansipasi yang kebablasan
------------------------------------------
masih sama tentang pelajaran hidup yang gue temui di kehidupan jalanan kota jakarta.
kali ini tentang emansipasi yang kebablasan yang gue liat.
cerita pertama, pas gue lagi naek kopaja, ada wanita hamil tua udah gede banget perutnya, beliau mau berangkat kerja, rapih, pakaian kantoran gitu.

dan suasana dikopaja penuh sesak dempet-dempetan seperti biasanya.
banyak laki-laki sehat masih muda, duduk di bangku penumpang dan mereka ngeliat wanita hamil itu biasa aja. tatapan dingin ga peduli ngeliat wanita hamil itu.
udahlah penuh, dempet-dempetan, sampe si wanita itu kayanya ke gencet perutnya.
beliau teriak "eh nyantai dong gausah ngedesek-ngedesek gitu. saya kejepit nih perutnya. ga liat orang lagi hamil apa! lagian pada buta apa yang duduk ga kasih gue duduk!"

alhasil ada mba-mba baru berdiri kasih duduk setelah wanita hamil itu teriak bilang kaya gitu.
miris!

cerita kedua, masih sama di kopaja dan masih sama tentang emansipasi yang kebablasan.
kali ini ada seorang ibu naek kopaja, beliau ngegendong bayi nya sambil bawa belanjaan banyak.
dan ga ada satu orang pun berdiri buat kasih duduk. padahal banyak laki-laki muda masih sehat tapi diem aja pura-pura ga tau.

beliau berdiri di samping gue, dengan keadaan bawa belanjaan banyak dan anaknya beliau gendong, gue cuma bisa ngebantu bawain belanjaannya.karena macet dan perjalanan jauh, mungkin si ibu itu kecapean.
alhasil beliau ngedeprok duduk lesehan di lantai kopaja.

sediiiih ngeliat perjuangan seorang ibu sampe kaya gitu.
astagfirullah miriiisss....udah sampe ibu itu duduk di bawah,tetep ga ada seorangpun yang kasih tempat duduknya buat si ibu!!!!
ga ada yang tergerak hatinya ngeliat si ibu lelah sampe sebegitunya, dan anaknya pun nangis terus gara-gara engap, panas dan dempet-dempetan. :((

ga tau deh gue hati orang-orang di jakarta itu pada terbuat dari apa.
ga abis fikir sama jalan pikiran mereka

apa ini yang namanya emansipasi sehingga udah ga ada lagi jiwa manusiawi nya?
sikap ketidak pedulian orang-orang di jakarta terbentuk dari lingkungan yang keras.
mayoritas orang-orang di kota besar, cenderung bersikap acuh tak acuh dan lebih ke ngamanin diri sendiri.
"bodo ah, yang penting gue nyaman,aman" 
kaya tulisan gue tentang --> semakin banyak orang semakin tidak mau tau

21 tahun hidup di jakarta, dan baru kali ini bener-bener keluar berkutat dengan kemacetan dan realita kehidupan jakarta pada jam sibuk kerja. dan ternyata emang JAKARTA KERAS BUNG!

masih pengen ke jakarta?

1 comment:

Labels

Followers